Jumat, 06 November 2015

Menghakimi Orang Lain dari Cara-nya Berpakaian? Pernah?


Kapan sih waktunya?  
Kalo Lagi Sama Orang Lain
Ngobrol dari A sampe Z, lalu nggosip yang ujung2nya jadi menghakimi orang lain. Rumput tetangga selalu lebih hijau - untuk dikomentari. Di satu sisi nggosip itu pekerjaan yang sangat menyenangkan, hahaha :D Di sisi lain, kepengin juga berhenti nggosip, nggosip bikin pelik.

Kalo Lagi Sendirian
Pas lagi sendirian aku jg sering terjebak menghakimi orang lain, suka ngamatin orang, lalu melakukan penilaian sepihak dari atas sampe bawah. Dialog2 ini sering bermunculan di kepalaku :     

     “mbaknya menor banget dandanannya pasti orangnya bawel, rempong”,
     “mbaknya cantik banget pasti ga pinter” 
       *mmm,... ngomong-omong kenapa yah orang cantik selalu diidentikkan dengan ga pinter?*
     “dia orang ga pernah ganti baju, yang dipake itu2 terus, pasti orangnya kemproh deh.” 
     “ih pake kerudung ko pake legging sih, emang gak malu ya?”

Can you just shut up Lid?

Ada beberapa alesan kenapa aku sering menghakimi orang lain dari caranya berpakaian:

a. Ga bisa menahan diri, gatel. 
Obrolan kesana kemari, kekurangan bahan obrolan, nggosip, akhirnya jatuh ke menghakimi orang lain. Yepmengomentari apa yang dipake sama orang lain adalah hal terasyik untuk dilakukan. Seriously it super fun. Haha. 
Pakean adalah kriteria paling gampang untuk menilai orang, seenggaknya itulah citra diri seseorang yang paling keliatan. Jadi disini aku ga setuju kalo cuma cowok yang dikatain makhluk visual, karena semua orang pada dasarnya adalah mahluk visual. 

b. Ngerasa kalo “lebih baik” dari orang lain yang dihakimi. 
      Padahal belum teruji di ITB sama IPB*wkwkwk. Ironisnya aku adalah salah seorang yang sering dihakimi karena cara berpakaianku yang bisa dirumuskan dalam satu kata : cuek. Pernah dulu nonton konser Tulus Maliq bareng Errisa sama temen kampusnya. Errisa pake dress cantik. Lah guweh? pake celana jeans, kemeja oversized warna pink pale, dan tas punggung besar (mbaknya mau ngampus yak?)
  Ga pernah nonton konser sebelumnya, terus lagi baju jenis apa sih yang “tepat” dipake buat nonton konser, juga ga da bayangan. Sampe disana,..merasa “saltum” dan disaat itu saya merasa sedih :(
  
Kenapa Aku Pengin Berhenti?
Yang aku akhirnya sadari (sadar juga), menghakimi orang lain pada akhirnya bikin energi ngedrop dan merasa buruk. But i keep on doing it. lagi lagi dan lagi. How to resist temptation makkkk??

Caranya gimana?

Step 1 : Redefinisi cara berpakaian diri sendiri
Kalo sudah nyaman, orang lain berlalu. Sampe saat ini aku belum memenuhi standar berpakaian idealversi diriku. Bentuk luaranku harus senyaman mungkin. Ketika udah nyaman sama bentuk luaran, aku bisa nyaman ngapain aja, omongan orang lain saat itu adalah remah2 yang tak berarti. Satu poin, karena menghindarkan mereka dari menghakimi orang lain. Ya kan?

How?
1. Bongkar Lemari
Pakeanku sebenernya ga banyak-banyak amat untuk ukuran cewek, beberapa must have items aku ga punya. dari pakean-pakean yang ada itu, yang sering dipake itu-itu aja? 
Karena justru yang itu-itu aja yang nyaman buat dipake. haha. nah yang jarang dipake gimana dongs? pertama kalo dipikir-pikir ga mau dipake lagi ya kasi orang, kalo masi bisa dipertahankan ya dipake lagi ato di mix and match. 
Hasil bongkar2 lemari terkadang jadi bikin orang setingkat lebih bertanggunjawab sih...
2 : Know What Clothes Works For Me
    - kasual
    - gak cewek2 banget, 
    - cenderung minimalis, 
    - suka warna monokrom, 
    - lebih nyaman pake yang basic.

dari pengalaman, mungkin aku ga akan membeli pakean yang bahannya : 
   - jersey
     bahan jersey menurutku akan membentuk tonjolan2 indah tapi ga enak diliat. Haha. Berat juga sih      bahannya.
  - chiffon
     tipis menerawang dan kiwir2.
  - jaguard 
    berat dan menurutku cepet bau. Hahahah. 

Aku kira-kira sudah bisa membayangkan fashionable nyaman versi diriku. Setelah tau bayangannya, ini akan jadi panduan lain kali mau beli baju ya beli yang works for me. ngirit uang juga sih jadi... 
Dan untuk ini aku harus berdamai sama yang namanya laper mata karena bombardiran baju2 keren yang bikin ngiler.  How do I handle this? 

Step 2 : Mengganti Cara Pandang Terhadap Orang Lain 
A. Mengenal Orangnya Secara Personal (kalo mungkin). 
Orang2 yang biasanya aku hakimi adalah orang2 yang ga kukenal secara personal. Karena kalo udah kenal seseorang secara personal,  biasanya sih less judging.

B. Bear In Mind That : 
 Serius deh, orang ini pasti punya kualitas lain yang lebih oke. Apa yang bisa aku pelajari dari    orang ini?” 
Tips ini didapet dari internet. 
Butuh setidaknya satu menit buat menilai ato menghakimi orang lain dari cara berpakaian mereka. but is that fair enough?

Oke Lidia, memulai berhenti menghakimi orang lain itu usaha yang bagus buat perkembangan diri. sering denger ini nih : 
"setiap orang itu unik dengan caranya masing-masing." 
Penelitian para psikolog juga menyebutkan kalo orang yang menghakimi orang lain itu cenderung menghakimi diri sendiri, bisa diterima karena aku salah satu orang yang cenderung mudah untuk menghakimi diri sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar