Kamis, 08 Mei 2014

TA or Not TA That Is The Question

No no! bukan Tugas Akhir, tapi Titip Absen. 

Cerita 1
Adik kos saya yang anak eksak cerita kalo ini kali ketiga dia absen kuliah gara-gara garap laporan praktikum yang kudu ditumpuk hari ini. Dia bilang dia gak mau bolos kuliah lagi setelah ini. Dia cerita kalo dia minta TA ke temennya yang kebetulan pinter. Sekali dia minta, berhasil. Berhasil diceramahi maksudnya. Kata temennya TA itu dosa (adik kos saya cerita sambil nyinyir "kayak ga pernah ngelakuin dosa selain di TA-in aja?") hahaha :D, kata temennya lagi, kalo TA itu ilmunya jadi nggak berkah, dll. make sense sih alesan-alesan temennya itu. Adik kos saya bilang dia gak bales sms temennya itu. nah lo...
Kedua kali, dia minta tolong temennya yang lain (tentunya) dan berhasil. akhirnya presensi dia untuk kuliah hari ini dihitung masuk. Sebenernya gak perlu cerita ke saya, dia sendiri udah tau jawabannya kalo TA itu … (kayak ceramah temennya diatas). Dia cuma kesel, kenapa temennya  pake ceramah segala, kalo gak mau ya udah, perkara selese.

Cerita 2
Temen saya yang lain, sempet ngeluh kalo temennnya TA ke dia, padahal dia gak mau di TA in. Dia gak enak mau nolak permintaan temennya itu. 

Cerita 3

Ada temen saya yang pernah dinyinyirin sama temennya gara-gara ngetweet kenapa pula harus TA? 

Cerita 4

Saya pernah mengiyakan untuk NA-in salah seorang temen saya beberapa kali di satu mata kuliah waktu semester pertama dulu. saya berubah haluan, saya ga mau lagi dititipi TA. Saya bilang : "sori... saya gak mau NAin lagi.". Dia ngerti. Sejak saat itu dia ga pernah TA lagi ke saya. Hamdallah, sampai sekarang kami berhubungan baik.

Tunggu…

kalo saya gak mau lagi dititipin TA, apa saya sendirinya juga gak pernah TA?
Alhamdulillah sampe sekarang gak pernah. Tergiur pernah sih… tapi niat itu gak pernah terlaksana. Yes! I win! Hahaha :D
Apa salahnya sih, absensi kuliah bolong? jangan rajin2 amat lah jadi mahasiswa. hahaha *sesat.
Kadang ada sih, hari dimana saya males kuliah, males ketemu orang2 kampus, dan penginnya gak ngelakuin apa2, hibernasi di kamar kosan *dirty little secret 

 ***

The Rule
yes... absen tinggal absen...
but still... syarat dan ketentuan pun berlaku disini.
dari akademik biasanya ngasi ketentuan 75-80% minimal kehadiran kuliah selama satu semester buat syarat untuk bisa ikut ujian. Biasanya sih, ketentuan itu gak disimpangi, alias begitu adanya. Di hari pertama kuliah di semester baru, dosen dan mahasiswa mengadakan perjanjian pra kuliah, apa mau ikut peraturan akademik kayak diatas ato gimana, soalnya biasanya ada tuh dosen yang gak bisa full ngasi kuliah satu semester karena ada keperluan lain. Kompensasinya, biasanya dosen yang bersangkutan ngasi tugas ke mahasiswa, ato kuliah diganti di lain hari *ini yang malesin, akhir minggu malah kuliah-_- 

Kalo dipikir sih, sebenernya akademik udah berbaik hati, karena berarti ada sisa 25-20% buat absen. Kenapa gak dimanfaatin itu kesempatan 25-20% alih-alih TA?


kuliah buat cari ilmu, kan, yang salah satu caranya bisa didapet dengan ikut kuliah itu sendiri. ga semata absen penuh hasil TA, bisa ikut ujian, dan puas nilai keluar dapet A ato B... alih-alih TA, udah berangkat aja, mungkin ada banyak hal baru yang dilewatkan sementara temen yang dititipi TA dapet dengan ikut kuliah di hari itu. untuk saran ini, abaikan anjuran sesat dan kelakuan saya diatas.hahaha :D

Lalu pertanyaan ini muncul : "Yah… tapi kan yang 25-20% itu udah kepake, alias gak ada lagi jatah absen.  Terus gimana caranya aku bisa penuhin syarat minimal kehadiran buat ikut ujian?"

Saran

Saran saya sih…

Sebisa mungkin...kalo ga terpaksa banget, yang 25-20% itu jangan dipake dulu. ibarat nabung diawal gitu... Setelah kuota minimal kehadiran yang 75-80% itu terpenuhi, baru, silakan mau dipakei itu yang 25-20% *itu juga kalo niat mau absen.

***

"Apa salah nolak TA? Apa salah juga kalo TA?"

adik kos saya diatas nyeletuk kaya gini : "yah nolak TA juga hak asasi mahasiswa sih..." 
saya ketawa dalam hati. hahaha :D

TA itu mungkin jadi bisa sedikit dipahami, kalo yang dititipi TA merasa haknya nggak dilanggar. So, TA-ers, think again sebelum TA, kalian ngerasa udah ngelanggar hak asasi temen kuliah kalian dengan TA ke yang bersangkutan nggak?


Alesan saya nggak mau lagi dititipi TA lagi adalah : karena saya gak mau ngelanggar prinsip dengan TA ato dititipi TA orang lain.

"Bisa lah ya, orang menghargai prinsip orang lain dan gak merasa terancam dengan penolakan orang yang dititipin TA?"
(well, pertanyaan ini mungkin  relevan (?)  juga untuk hal2 lain selain TA)

Ask yourself!

Susah sih, awalnya. Mungkin jadi lebih mudah kalo setiap kali kita merasa terancam ato merasa gak oke setelah mengalami penolakan, hela napas dan bilang : "mungkin dia ada benernya…"










0 komentar:

Posting Komentar