Selasa, 03 Maret 2015

Penyuka Kopi, Bukan K-Pop


Sebenernya ngga ada hubungannya juga sih kopi sama K-Pop. Ngga tau aja kepikiran pake judul itu. 
Karena faktanya saya lebih suka kopi. hehe.
Omong-omong lagu-lagunya Sistar oke juga.
Suaranya Hyorin sekseh abeees...
Lah deneng dadi ngomongi K-Pop?
Udah ah...

Kopi jadi minuman yang menemani awal hari atopun sore.
Sebagian besar anggota keluarga saya suka ngopi. 
Lebih-lebih kakak ketiga sama ibu. Mereka berdua cukup cerewet soal cara bikinnya. Nanti saya ceritakan dibawah.

Aslinya dulu sih saya ngga terlalu suka. Lama-lama jadi kebawa ikutan suka. 
jadilah di kosan saya anak yang sangat suka medang (bikin wedang). sampe-sampe pas ultah dikasih mug buat bikin kopi katanya (makasih Ami sama Kaka)

kopi yang saya minum?
kopi hitam dan kopi krimer. kemasan sachet.
yah... walo ngopi di kosan ngga senikmat di rumah, karena airnya dari dispenser which is kurang jos.
tak apalah yang penting ngopi.
ngopi itu udah jadi semacem rutinitas.
kalo engga ngopi itu gimana gitu.
kalo engga malemnya, ya paginya. 
kalo engga paginya ya malemnya.
eniwei sepagi ini saya udah minum dua cangkir kopi lho.


di Jogja bertebaran kafe-kafe yang tempatnya unik dan nyaman buat hengot. kebanyakan bergaya yang kaya difilm-film luar.
di Purwokerto juga udah banyak berdiri kafe-kafe baru.
entah di Jogja entah di Purwokerto, parkiran kafe selalu penuh. kebanyakan sama anak muda.
sepertinya kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup anak muda urban yah?

kopi emang menimbulkan gelombang kreatifitas.

daya anti kantuknya bikin kita jadi melek, terus akhirnya karena ga bisa tidur jadi melakukan sesuatu ato kepikiran sesuatu. yang anehnya terkadang kreatif...
seperti misalnya jadi ada seni lukis kopi yang juga booming nih... tau kan, latte art?


kalo gini kan jadi eman-eman mau diminum
via : en.wikipedia.org


saya ngga pernah pergi dari kafe ke kafe untuk mencicipi berbagai jenis kopi. 
seumur-umur ke kafe ya sama geng Polaman.
taraf kecintaan saya sama kopi baru di tahap suka.
nggak sampe pergi ke suatu tempat tertentu hanya untuk menjajal kopinya.

suka aja sama aromanya.
suka aja otak yang jadi lebih on setelah meminumnya.
oh ya, saya punya rumus ngopi nih...
di kamar sendirian + ngetik + ngopi + denger lagu yang enak (contohnya lagunya Adithia Sofyan) = surga
simple as that. hehe :D

Balik lagi ke atas, saya dapet ilmu racikan kopi dari orang rumah nih (thanks homey!);
  • alih-alih bikin kopi dari air termos, ibu selalu menjerang air hanya untuk bikin secangkir kopi. Katanya, air dari termos tidak terlalu panas dan bikin kopi jadi kurang greget. Sembari menjerang air, takaran kopi siapkan ;
  • satu setengah sendok makan kopi hitam 
  • ditambah satu seperempat sendok makan gula pasir. kopi yang enak itu sedikit manis. karena justru paitnya kopi itu jadi sensasi kalo kita bener-bener ngopi.
  • setelah itu air yang baru mendidih dituang ke racikan kopi.
  • aduk sampe berbuih.

caranya tau kopi yang mantap?

lihat ada buih ngga diatasnya? 
kalo iya, selamat! kopinya mantap. 

p.s.
kopi yang berbuih jarang banget didapet dari air termos, apalagi air panas dispenser. melainkan air baru mendidih langsung dari ketelnya. 

Salam Nyruput :D





0 komentar:

Posting Komentar